Rehabilitasi Kawasan Pantai Singkil, PT PLB Tanam 12.000 Pohon Bakau

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAACEH.CO.ID: ACEH SINGKIL - PT. Perkebunan Lembah Bakti (PLB) menanam sebanyak 12.000 pohon bakau atau mangrove di pesisir pantai Singkil di Desa Kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupatrn Aceh Singkil, sejak akhir Desember 2017. 

Menurut Administratur PT. PLB Aceh Singkil, Slamet Riyadi, kegiatan penanaman pohon bakau atau mangrove bertujuan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan dan ekosistem pantai.

"Tujuannya untuk mendukung perbaikan dan peningkatan lingkungan hidup di sepanjang daerah pantai dengan memperkuat daya tahan terhadap longsor dan erosi, serta untuk membantu peningkatan kapasitas dari komunitas lokal yang melakukan penanaman dan pemeliharaan," sebut Slamet.

Diakuinya, pihaknya merasa bangga dikarenakan dapat menjadi bagian dari kegiatan ini dan berharap dapat memberikan sumbangan atas tujuan PT. PLB dalam menyelamatkan kawasan Konservasi di wilayah Singkil ini.

Dijelaskannya, konservasi keanekaragaman hayati akan memungkinkan manusia untuk hidup berdampingan dengan dan mendukung keberlanjutan dari ekosistem yang disediakan oleh alam.

"Perlindungan terhadap kawasan Konservasi merupakan salah satu dari sejumlah program CSR di bidang lingkungan yang ada di lingkup area dalam kontribusi sosial perusahaan PT.PLB Aceh Singkil," jelasnya.

Lanjutnya, program penanaman pohon bakau dipilih dikarenakan keberadaan ekosistem pantai bakau yang luas dan penting bagi adaptasi perubahan cuaca dan pencegahannya. 

Jutaan pohon bakau lanjutnya, dikenal sebagai awal kehidupan, yang mana pohon itu dinilai mampu membawa keanekaragaman hayati dan membuatnya menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat. 

"Pohon bakau juga berfungsi sebagai pemecah ombak alami. Pohon bakau ini juga menyerap karbon dioksida dan dapat mengurangi polusi udara," jelasnya. 

Sementara itu, Humas PT PLB Aceh Singkil, Hadi Sukoco mengatakan penanaman Pohon Bakau itu baru pertama kali dilaksanakan. "Penanaman pohon bakau ini ikut bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Singkil," sebut Hadi.

Kegiatan ini lanjutnya, dilaksanakan oleh kelompok Tani Hutan Payau atau Teluk Bayur Desa kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. "Kelompok Tani ini juga merupakan salah satu kelompok binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh singkil," jelasnya.

Adapun untuk lokasi penanaman berada di pesisir pantai Singkil Lama di Desa Kilangan, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil dengan total bibit yang akan dilakukan penanaman mencapai 12.000 batang diatas lahan seluas 1 Hektar.

"Intinya, penanaman perdana pohon bakau ini dilakukan dalam rangka Program rehabilitasi kawasan pantai Singkil," tegasnya. [Jamaluddin]

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita