Pemda Pasaman Minta DPD RI Fasilitasi Penganggaran Dana Desa Nagari Persiapan

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman meminta kepada anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumbar agar ikut memfasilitasi penganggaran dana desa untuk 25 desa (nagari-red) persiapan di Pasaman untuk APBN 2019 mendatang. 

"Saat ini Pemkab Pasaman baru dapat dana desa dari pemerintah pusat sebesar Rp39 Miliar untuk 37 nagari defenitif di daerah itu. Sementara 25 nagari persiapan di daerah itu, saat ini pihak eksekutif bersama legislatif tengah membahas Ranperda tentang nagari defenitif ini," kata Dalisman Darsah Asisten I Pemkab Pasaman, saat berdialog dengan anggota DPD RI, Hj. Emma Yohanna di Aula lantai II Kantor Bupati setempat pada, Kamis (03/05/2018).

Anggota DPD RI, Emma Yohanna meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman segera menuntaskan ranperda menjadi perda tentang 25 nagari persiapan. Sebab, untuk mendapatkan nomor registrasi nagari dari Kemendagri mengharuskan adanya perda nagari.

"Dengan adanya perda itu, kita dari DPD RI bisa mendorong Kemendagri untuk mengeluarkan nomor registrasi nagari yang ada di Pasaman. Dengan demikian, maka dana untuk nagari tersebut bisa dianggarkan di APBN," kata Ema Yohana saat dialog dengan Asisten I Pemkab Pasaman, Dalisman Darsyah, Kamis 3 Mei 2018.

Kalau memang Juni 2018, Perda 25 Nagari itu tuntas maka ia akan berupayakan untuk memfasilitasinya dengan Kamendagri. Sehingga 25 nagari tidak perlu menumpang lagi ke nagari induk soal pembiayaan.

Asisten I Pemkab Pasaman, Dalisman mengatakan, saat ini Pemkab Pasaman baru dapat dana desa sebesar Rp39 Miliar untuk 37 nagari defenitif. Sedangkan 25 nagari persiapan masalah anggaran masih menumpang ke nagari induk.

Demi jalannya roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, Dalisman berharap anggota DPD RI nantinya bisa memperjuangkan 25 nagari persiapan ini ke Kemendagri. Sehingga nomor registrasi bisa keluar tahun ini.

"Tanpa ada ada nomor registrasi, Kemendagri tidak bisa mengalokasikan dana desa untuk nagari tersebut. Ini semua tujuannya untuk memberikan pelayanan dan pemerataan serta memacu pembangunan di nagari tersebut," jelasnya.(#)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita